Selamat Datang di Web Kebumen Sociaties!

Selamat datang dan selamat bergabung dengan warga Kebumen silahkan menikmati sajian kami dengan memperhatikan Keindahan web ini, anda bisa ikut berpartisipasi mengirimkan berita kepada kami. Anda Juga bisa mengikuti Forum Kebumen serta Isi dan Baca BUKU TAMU kami. Jika ada kritik dan saran segera kontak kami langsung melalui web ini yang kami terima langsung di imail webmaster. Untuk Tanya Jawab silahkan ajukan pada kami.

 
  Kebumen Sociaties
   

Main Menu
  Berita Kebumen
 
Beritahu Teman
 
Account Anda
 
Berita Populer
 
Berita lama
 
Feedback
 
Statistik web

 
   

Tentang Kebumen
  Seputar Kebumen
  Sejarah Kebumen
  Ultah Kebumen
 
Asal-usul Kebumen

 
   

Pariwisata
  Waduk Sempor
  Pantai Ayah
  Pantai Pasir
 
Goa Jatijajar

 
   

Komunitas
  Mailing List
  Chating
  Mail@zzn.com
  Kirim Kartu

 
Forum Kita

 
 

 

Media Radio
  Bima Sakti Radio
  DVK Radio
 
SKB Radio

 
   

 Hotel & Losmen
  Hotel
  Losmen

 
     

 

 


 

Rakyat Harus Diberi Kepercayaan

DI mata Bupati Rustriningsih, rakyat Kebumen merupakan kekuatan utama dari daerahnya, dibanding potensi-potensi alam dan ekonomi lainnya. Kekuatan itu akan menjadi semakin besar apabila rakyat diberi kepercayaan untuk menjalankan tugas, membangun daerahnya.

Apa yang dikemukakannya itu bukanlah isapan jempol belaka. Ia sendiri telah membuktikannya. Ketika baru beberapa bulan menjabat, bupati wanita pertama di Jateng ini harus berhadapan dengan berbagai bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, yang melanda daerahnya.

Maka segala perhatian dan energi pun ia curahkan ke sana. Ia data jumlah kerusakan seperti rumah roboh, bangunan sekolah rusak, jalan ambles, jembatan putus, saluran irigasi jebol, sampai dengan korban meninggal dan menderita luka-luka. Kemudian, ia membangun posko bencana langsung di kantornya Gedung F Setda Jl Veteran No 1, dan menggalang simpati dari berbagai pihak dengan memanfaatkan media massa lokal dan nasional.

Setelah itu, ia pun total memperhatikan gedung-gedung sekolah yang rusak dan roboh, baik karena bencana, maupun karena usia tua dan kualitas bangunannya yang memang buruk. Terdata, sedikitnya 895 ruangan kelas yang perlu direhabilitasi. ''Bagi Kebumen, otonomi daerah sama artinya dengan manajemen krisis,'' tuturnya.

Tapi dari upaya mengatasi krisis demi krisis ini, tokoh PDIP ini mengaku mendapatkan banyak hikmah. Itu terjadi ketika ia mengubah kebijakan revitalisasi gedung SD menjadi bantuan stimulan. Perbaikan gedung-gedung SD itu diserahkan pada masyarakat desa di mana gedung itu berada, bukan pada para kontraktor.

Gerakan ini disambut dengan semangat gotong royong yang luar biasa dari masyarakat. ''Masyarakat memberikan yang terbaik bagi upaya rehabilitas bangunan SD di daerahnya, sekalipun Pemerintah Kabupaten hanya memberikan stimulan masing-masing Rp 5 juta per ruangan. Ini membuktikan, masyarakat akan berusaha keras jika diberi kepercayaan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang mereka hadapi sendiri,'' tuturnya.

Menurut Rustri, langkah yang semula ditentang pihak-pihak tertentu, termasuk kalangan pengusaha yang mungkin merasa kehilangan lahan ini, juga mendapat respons positif dari pihak-pihak di luar Kebumen, seperti Dirjen Dikdasmen, Pemda Jateng, Forum LSM, maupun lembaga-lembaga asing.

halaman : 1 2 3

 

Copyright 2002 Kebumen Sociaties! Inc. All rights reserved
webmaster by Lamo Paminto