Kabupaten Kebumen
Main Menu
  HOME
 
Not Member*

Tentang Kebumen
  Seputar Kebumen
 
Sejarah Kebumen
 
Ultah Kebumen
 
Asal-usul Kebumen

Pariwisata
  Waduk Sempor
 
Pantai Ayah
 
Pantai Pasir
 
Goa Jatijajar

 Komunitas
  Mailing List
 
Chating
 
Mail@zzn.com
 
Kirim Kartu

 
Forum Kita

 Media Radio
  Bima Sakti Radio
 
DVK Radio
 
SKB Radio

 Hotel & Losmen
  Hotel
 
Losmen

Download

--------------- Screen Saver Gratis

 

a



AsiaIncome.Com


Wisata Goa Jatijajar !

Dibentuk alam selama ribuan tahun. Muncullah sebuah karya nan indah yang menawarkan nuansa lain. Tempat berpetualang di perut bumi, namun santai dan menyenangkan.

Tour Anda di Jawa Tengah akan kurang lengkap kalau belum berkunjung ke Kabupaten Kebumen. Pasalnya, kabupaten yang dikenal sebagai penghasil sarang burung Walet ini menyimpan banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebut saja misalnya, Taman Wisata Gua Jatijajar yang terletak 21 kilometer ke arah selatan Gombong, atau 42 kilometer arah barat Kebumen.

Gua Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur. Objek wisata ini sungguh sangat menarik. Pegunungan kapur ini memanjang dari utara dan ujungnya di selatan menjorok ke laut berupa sebuah tanjung.

Sebagaimana umumnya objek wisata lain di Indonesia, yang hampir selalu menyimpan legenda, Gua Jatijajarpun tak terkecuali. Kata yang punya cerita, Gua Jatjajar ini pada jaman dahulu merupakan tempat bersemedi Raden Kamandaka, yang kemudian mendapat wangsit. Cerita Raden Kamandaka ini kemudian dikenal dengan legenda Lutung Kasarung. Visualisasi dari legenda tersebut dapat kita lihat dalam diorama yang ada di dalam goa itu.

Masuk ke dalam gua ini, bagaimanapun ada rasa degdegan. Betapa tidak! Karena merasa seperti masuk ke dalam mulut binatang purba Dinosaurus. Tambah ngeri lagi jika membayangkan gelapnya suasana di dalam perut dinosaurus tersebut. Namun rasa cemas itu segera sirna, sebab ruangan diterangi oleh lampu listrik dari ujung ke ujung. Meski mulut gua cukup lebar, namun ruang perut dinosaurus lebih lebar lagi. Pada langit-langit terdapat sebuah lubang sebagai ventilasi. Di tengah-tengah terdapat kursi melingkar tempat duduk pengunjung sambil menikmati indahnya ornamen stalagtit dan stalagnit serta diorama legenda Lutung Kasarung.

Setelah puas menyaksikan sajian ini, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni tangga menuju ruang yang merupakan bagian ekor dari dinosaurus tersebut. Di dalam ruang ini, Anda dapat melihat sumber mata air yang disebut Sendang. Jumlah sendang tersebut ada 4 buah, yaitu Sendang Mawar, Kantil, Jombor dan Puserbumi. Sendang Mawar dipercayai mempunyai kekuatan gaib yang bisa membuat seseorang tetap awet muda, karenanya setiap pengunjung selalu menyempatkan diri untuk membasuh muka dengan air Sendang Mawar tersebut.

Dipenuhi oleh rasa kagum dan terpesona, tanpa terasa Anda telah menempuh jarak 250 meter menyusuri perut dinosaurus. Fantastis bukan? Dan itulah kenyataannya. Bukan itu saja, bahkan tanpa Anda sadari, Anda telah masuk ke perut bumi sedalam 40 meter. Benar-benar suatu petualangan yang santai yang hanya bisa dicicipi di Taman Wisata Gua Jatijajar.

TRAVEL TIPS

Untuk sampai ke Taman Wisata Gua Jatijajar, tidaklah terlalu sulit. Apabila Anda naik kendaraan umum, ambillah jurusan Gombong-Jatijajar. Jika ingin menginap, di sekitar lokai terdapat hotel melati dan homestay dengan tarif terjangkau. Sebagai pelengkap kunjungan Anda, ada baiknya mencicipi makanan khas daerah ini, yaitu Lanthing, yang banyak dijual di situ.

Informasi:
Diparda TK II Kebumen
Jl. Pahlawan, No. 136 Kebumen, Jawa Tengah. Telp: (0287) 81988

Koeswintoro
Terminal Wisata
Jl. Yos Sudarso, No. 565, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.
Telp: (0287) 71250

Kamis, 2/7/2001 18:15 WIB
Mailing List Warga Kebumen

Sementara Milist Di TUTUP, silahkan gunakan milist karanganyar-kebumen@yahoogroups.com , hubungi pak Marsikin [marsikin at fe dot ui dot ac dot id] , terimakasih


Jumat, 20/12/2002 02:31 WIB
Chating Room real Time 24 Jam
Akhirnya ketemu juga server chating yang cepat, bisa diakses dengan web, telnet, mIRC dan sebagainya. Tapi yang lebih penting lagi semua fasilitasnya GRATIS !! Silahkan klik link Chat... terimakasih.

 
  Tentang Kebumen

  Seputar Kebumen
 
Sejarah Kebumen
 
Ultah Kebumen
 
Asal-usul Kebumen

 

   
  Pariwisata

  Waduk Sempor
  Pantai Ayah
  Pantai Pasir
  Goa Jatijajar

  Media Radio

  Bima Sakti Radio
  DVK Radio
  SKB Radio

 
  Hotel & Losmen

  Hotel
  Losmen

 

  Komunitas

  Mailing List
  Chating
  Mail@zzn.com
  Forum Kita

 
  Pemerintahan

  Bupati
  lainya

 
Webmail Login

Tidak bisa Login ? Klik disini


ARTIKEL

Seputar Kebumen
Kebumen juga  adalah daerah pusat industri kecil yaitu penghasil gula kelapa terbesar di jawa........

Sejarah Kebumen
Nama Kebumen konon berasal dari kabumian yang berarti sebagai tempat tinggal Kyai Bumi 1677 .......

Asal-usul
Saat itu Kebumen masih bernama Panjer . .....

l-Bupati Kebumen
Rakyat Kebumen merupakan kekuatan utama dari daerahnya, dibanding potensi-potensi alam dan ekonomi lainnya.

Ultah Kebumen
Ulang Tahun Kebumen  jatuh setiap tanggal 1 Januari ......

 

Copyleft 2001 Kebumen Societies! All rights reserved
webmaster by Lamo Paminto